SELAMAT DATANG PESERTA STUDENT EXCHANGE ROMBONGAN DARI KOTA TRENGGANU MALAYSIA

Di bulan Agustus 2019 ini, SMAN Taruna Nala (SMANTAR NALA) Jawa Timur kedatangan tamu dari Kota Trengganu, Malaysia. Student Exchange ini terlaksana berkat kerjasama antara pihak Dinas Pariwisata Kota Trengganu, Malaysia dengan Dinas Pariwisata Kota Malang, Indonesia. Sebanyak 27 orang pendamping yang berasal dari komponen guru, Dinas Pendidikan, Pemilik homestay dan Komite Sekolah dan 32 orang siswa dari berbagai sekolah setingkat SMA/SMK di Kota Trengganu Malaysia ikut serta dalam kegiatan ini. Tujuan diadakannya Student Exchange ini adalah untuk meningkatkan kerjasama, memelihara rasa persaudaraan, menambah pengetahuan, wawasan dan sharing culture antar 2 negara.

Foto bersama perwakilan dua negara peserta student exchange

59 orang ini akan ditempatkan di 4 sekolah yaitu 27 orang pendamping dikoordinir oleh SMA BSS Kota Malang, 12 siswa di SMANTAR NALA, 10 siswa di SMAN 10 Malang dan 10 siswa di SMAN 1 Kepanjen.

Pada Selasa, 13 Agustus 2019 diadakan acara penyambutan tamu Malaysia di SMANTAR NALA dibuka dengan Tari Gerebeg Sabrang oleh 3 siswi dari SMAN 10 Malang, dilanjutkan dengan sambutan oleh tuan rumah dengan penampilan Band Smantar Nala dilanjutkan sambutan dari Kepala SMANTAR NALA, sambutan dari ketua rombongan MD Azmi bin A. Aziz P. J. C (Sekretaris Dinas Pariwisata di Malaysia). Acara diakhiri dengan briefing peserta didik oleh sekolah masing-masing.

Penampilan dari group band tuan rumah dengan menyanyikan beberapa buah lagu

Hari kedua Rabu, 14 Agustus 2019 peserta didik Malaysia yang ada di SMANTAR NALA mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas X MIPA – IPS sampai dengan solat Dhuhur tiba. Sorenya mereka berjalan-jalan ke Kampung Warna Jodipan (KWJ) dan Alun-alun Kota Malang. Peserta didik Malaysia sangat menikmati perjalanan hari tersebut.

Foto bersama dengan peserta didik kelas X Smantar Nala

Hari ketiga Kamis, 15 Agustus 2019 peserta didik Malaysia menambah wawasan ke Wisata Petik Jeruk dan Apel, Batu dan Batu Secret Zoo. Malam harinya, peserta didik SMANTAR NALA mengadakan acara perpisahan di Gedung Laksamana Nala. Keakraban sangat terasa diantara peserta didik. Tetapi waktu berkata lain, karena keesokan harinya, peserta didik Malaysia harus bertolak ke Jakarta.

Foto bersama di Wisata Petik Jeruk dan Apel kota Batu

Kesan dan pesan dari salah satu siswa Malaysia “sangat senang sekali bisa mengikuti Student Exchange di Indonesia, karena mendapatkan teman baru dan persaudaraannya sudah erat. Selain itu, sistem pendidikan yang berbeda dengan sekolah yang ada di Malaysia, sehingga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang baru”.

Foto bersama sebelum kembali ke negara Malasyia

Sampai ketemu lagi di Malaysia pada Bulan Oktober 2019 nanti ya sebagai kunjungan balasan dari Indonesia. (by: humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *