Sabtu, 12 Oktober 2019 merupakan hari yang ditunggu-tunggu peserta didik kelas X atau SN 5 (Smantar Nala Angkatan ke-5) dan orang tua/wali kelas X. Hari ini adalah pelaksanaan Parents Day  2019, hari bertemunya peserta didik kelas X dengan keluarga tercinta setelah 3 bulan menjalani Masa Basis. Masa Basis adalah masa untuk pembentukan budaya dan karakter dasar selama menjadi peserta didik di SMANTAR NALA, di mana peserta didik tidak diperkenankan untuk berkomunikasi dengan pihak luar selain warga sekolah.

Penampilan bela diri militer oleh perwakilan peserta didik

Acara Parents Day ini diawali dengan perform dari peserta didik kelas X meliputi; Kolone tongkat, PBB Kreasi, Bela Diri militer (karate, taekwondo dan pencak silat). Setelah perform, orang tua/wali diarahkan menuju panggung utama untuk mengikuti serangkaian acara.

Penampilan Tari Jaipong, oleh Yoga Yoni, Novel, Raihan Zaky, Nadifa dan Farah

Acara dibuka dengan perform Tari Jaipong, oleh Yoga Yoni, Novel, Raihan Zaky, Nadifa dan Farah. Penampilan akuisitk  lagu Aku Pasti Bisa (dari Citra Scholastika) oleh Sandra Rama. Dilanjutkan dengan musikalisasi Puisi berjudul “Kini” dari Ratih Nurmalita (Peserta didik SMAN 10 Malang Leadership Academy angkatan ke 3) oleh Al Kindy, Abhipraya, Angelina, Ahzain, Ridho dan Gavin.

Penampilan Musikalisasi Puisi ini mampu mengharukan suasana, terutama para orang tua/wali.

Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan  dari Plt. Kepala SMAN Taruna Nala Jawa Timur, Dr. Husnul Chotimah, M.Pd, Ketua Komite Sekolah Mayor Heri Hutomo, Kalapetal Kolonel  Laut (S) Gatot Harianto.

Sambutan dari Kasi. Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Alfian Majdi, M.Pd

Setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran video keseharian peserta didik kelas X, dan sambutan dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kasi. Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Alfian Majdi, M.Pd Beliau berpesan kepada warga sekolah khususnya Bapak Ibu Guru, Pembina dan Tendik bahwa harus selalu berkomitmen untuk memajukan SMANTAR NALA JAWA TIMUR karena sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, dan berpesan kepada peserta didik bahwa perjalanan baru saja dimulai dan SN 5 hebat karena telah melewati masa basis selama 3 bulan dengan baik.

Acara selanjutnya adalah perform dari seluruh peserta didik dengan menyanyikan lagu Mars SMANTAR NALA, A Million Dreams (dari Ziv Zaifman) dan Doa Seorang Anak dari Silvy dan Raindra. Tepuk tangan serta tangis keharuan mengakhiri lagu yang dibawakan seluruh peserta didik.

Alunan musik dari GS Nala dan Akuistik Kelas XI yang mengiringi proses pembaretan

Acara Puncak Parents Day adalah Pembaretan oleh orang tua/wali di iringi dengan alunan musik dari GS Nala dan Akuistik Kelas XI. Proses pembaretan ini mengharukan bagi setiap orang yang hadir. Karena setelah 3 bulan masa basis, pembaretan ini merupakan pertemuan langsung antara peserta didik dengan kedua orang tua/walinya. Pelukan, senyuman dan tangisan mewarnai prosesi pembaretan.

Salam hormat seusai pembaretan oleh orang tua peserta didik

Akhirnya peserta didik dapat berkumpul kembali dengn keluarga tercintanya. Semoga pembelajaran selama Masa Basis dapat menjadikan modal awal para taruna taruni untuk kehidupan 3 tahun selanjutnya selama menjadi peserta didik SMANTAR NALA.

“Alhamdulillah acara Parents Day dapat berjalan dengan lancar dan sukses berkat kerjasama yang solid dari seluruh panitia baik guru, tendik, pembina maupun panitia siswa” Ungkap Jakfar Ilyas (siswa kelas XI MIPA 1) selaku Ketua Panitia Siswa. (By: Humas).