PERWAKILAN PESERTA DIDIK SMANTAR NALA JATIM DALAM FORUM PELAJAR INDONESIA 2019

M. Faysalhadi Ishomul Falah (XII MIPA 3)

Foto bersama M. Faysalhadi Ishomul Falah dengan peserta lain

Generasi muda Indonesia mempunyai posisi strategis sebagai pewaris masa depan bangsa. Diharapkan generasi muda sekarang ini mempunyai karakter yang unggul dan berjiwa kepemimpinan. Pengembangan karakter ini dapat dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Indonesia Student and Youth Forum (ISYF). ISYF  bergerak dalam bidang  pemberdayaan dan pengembangan pemuda dan pelajar menginisiasi Forum Pelajar Indonesia 11 tahun ini dengan tema “Kolaborasi Pelajar Menuju Generasi Emas” sebagai upaya dalam mendukung cita-cita Indonesia dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045.


Perwakilan delegasi Jawa Timur sekaligus perwakilan dari SMANTAR NALA JATIM, M. Faysalhadi Ishomul Falah (XII MIPA 3) berhasil mengikuti kegiatan FOR 11 (Forum Pelajar Indonesia ke-11) yang diselenggarakan oleh Lembaga ISYF yang berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, dan berbagai organisasi masyarakat sipil dan media di Jakarta pada 06 sampai dengan 10 November 2019.

Peserta kegiatan ini terdiri atas 250 pelajar terbaik Se-Indonesia dengan melalui serangkaian tes seleksi meliputi Tes Administrasi, Pembuatan Essai tentang lingkungan/ perdamaian/ pendidikan/ enterprenership/ kesehatan, dan Pembuatan Video berdasarkan isu yang dipilih.

Kegiatan FOR 11 ini diadakan di beberapa tempat, yaitu :

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang disambut oleh Sekretaris Jenderal Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI (Bpk. Didik Suhardi, Pd. D.) dengan pemaparan materi pengolahan pemuda di Zaman Millenial serta sesi tanya jawab.
  2. Aula Graha Wisata Pemuda TMII yang disambut oleh Founder Piece Generation(kak Ivan Amari) dengan pemaparan perdamaian dan kolaborasi pemuda untuk kemajuan Indonesia. Selain pemaparan, diadakan juga Focus Group Discussion (FGD) 1 tentang penyelesaian solusi berdasarkan isu yang sudah dipilih dan FGD 2 tentang suatu Project Sosial apa yang akan diimplementasikan di Provinsi masing-masing
  3. Gedung BKKBN Pusat yang disambut oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatam Reproduksi (ibu Dwi Listyawardani) dan Runner Up Forum GenRe Indonesia (kak Natasha Hesz) dengan pemaparan bagaimana menjaga diri dan bahaya kenakalan remaja serta sesi tanya jawab.
  4. IDN Media yang disambut oleh salah seorang pengurus IDN Media (kak Roman) dengan memaparkan produk apa saja yang sudah diciptakan IDN Media dan jursalisme Era Digital serta sesi tanya jawab.
  5. Kantor Pertamina Pusat yang disambut oleh Direktur Perencanaan, Investasi, dan Management Resiko (B Gigih Prakoso) dengan pemaparan visi misi Pertamina dan Voluntary Days2019 serta sesi tanya jawab.
  6. Kementerian Kesehatan RI yang disambut langsung oleh Menteri Kesehatan RI (B Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)) dan sesi tanya jawab.
  7. Gedung Kompleks Negara atau Gedung MPR RI, DPR RI, dan DPD Pusat yang disambut oleh Humas Sekretaris Jenderal  DPR RI (ibu Erna Agustina) dan salah satu anggota DPR RI dari PDI-P dapil Jawa Barat VII sekaligus salah satu Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (ibu Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari) dengan pemaparan fungsi politik DPR RI dan sosialisasi pergerakan pemuda serta sesi tanya jawab.
  8. Pacific Place Mall di @america yang disambut oleh salah seorang Diplomat Amerika Serikat (Mr. Ellsworth Bunker) dan CEO dari Australia (Ms. Christine Holgate) dengan jejak karier dan pengamalam yang sudah dilakukannta serta sesi tanya jawab.
  9. Anjungan Jawa Barat TMII dalam rangka Cultural Performancetiap Provinsi se-Indonesia dan Inaguration.

Semoga melalui kegiatan ini, peserta kegiatan dapat membagikan ilmu  yang didapatkan ke lingkungan sekitar dan peserta didik SMANTAR NALA JATIM lebih termotivasi dan lebih bersemangat dalam meraih cita-cita dan mengembangkan bakat, minat yang dimilikinya. (by : humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *