2 (DUA) PESERTA DIDIK SMANTAR NALA JATIM IKUTI KONGRES PEMUDA PENGGERAK BANGSA (KPPB) 2019

Foto bersama dengan seluruh peserta KPPB 2019

Kongres Pemuda Penggerak Bangsa (KPPB) merupakan program bentukan dari yayasan Ayo Bergerak Indonesia (ABI) dan Green Generation yang bergerak di bidang kemasyarakatan. Progam ini membahas dan mencari penyelesaian terkait beberapa isu diantaranya : isu sosial, pendidikan, kesehatan, lingkungan, seni dan budaya, serta agama.

Kegiatan diikuti  oleh pemuda dari seluruh Indonesia, dengan jumlah total 34 peserta SMA/sederajat. Peserta tahun ini diwakili oleh peserta dari Kep.Riau, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, JawaTimur, Bali, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua. Dari Jawa Timur diwakili oleh 2 peserta didik dari SMAN Taruna Nala Jawa Timur (SMANTAR NALA JATIM) atas nama Bayu Galen Adiputra (XI IPS 1) dan Yonathan Oktavianus Wahyudi (XI IPS 1). Tujuan utama kegiatan ini adalah membahas solusi yang tepat sesuai dengan permasalahan di daerahnya masing-masing. Dengan begitu dapat diketahui bahwasannya  para peserta memahami betul langkah apa yang harus diambil bagi diri mereka beserta masyarakat sekitar. Sehingga peserta dapat mengkontribuskan diri mereka ke masyarakat.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, yaitu 26 sd 30 Oktober 2019 di Yogyakarta dan di Jawa Tengah, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  1. Hari pertama : peserta melaksanakan registrasi di asrama haji yogyakarta. Dilanjutkan pada malam hari diadakan kegiatan opening ceremonyyang sangat meriah.
  2. Hari kedua : peserta mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan subtema yang akan di kongresskan yaitu pura jagat natha, kasultanan keraton, masjid gedhe dan kali code.
  3. Hari ketiga : peserta mengikuti talkshow dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DIY tentang bahayanya narkoba bagi pemuda, jenis narkoba dan hal yang harus dilakukan apabila mempunyai teman yang memakai ataupun mengedar narkoba. Setelah itu sharing dari Komunitas Lantera yang mengajar dan mengabdi di masyarakat. Pada malam hari Kongres Pemuda Penggerak Bangsa yang pertama di adakan. Dalam kongres ini, peserta mengungkapkan pendapat dari masing masing tim yaitu tim pendidikan, kesehatan, sosial, seni budaya, lingkungan, dan agama.
  4. Hari keempat : peserta mengikuti talkshow Bela Negara dari Kementrian Pertahanan DIY, dan dari LeaderAyo Bergerak Indonesia Untuk lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan, pendidikan, sosial, kesehatan, seni budaya, agama yang ada di indonesia dan selalu mencari solusi yang terbaik. Setelah talkshow pada sore hari dilaksanakan outbond yang bertujuan untuk mempereratkan tali persaudaraan antar peserta. Kemudian pada malam hari dilaksanakan kegiatan closing ceremony, sebagai ajang pertunjukkan budaya dari provinsi masing masing.
  5. Hari kelima : peserta mengikuti lava tourdi gunung merapi sampai siang hari. Kemudian kepulangan di daerah masing-masing.

“Saya sangat senang mengikuti program seperti ini karena mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan, wawasan, pengalaman dan teman baru di ajang nasional. Semoga teman-teman saya yang lain dapat mengikuti kegiatan seperti ini karena kegiatan ini sangat berguna untuk masa depan” ungkap Bayu Galen Adiputra.(by : humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *