NEX-US 2020 ( NALA EXPLORE CAMPUS ) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMANTAR NALA JATIM

Pembukaan Nexus, bertempat di Perpustakaan Lt.2

NEX-US atau Nala Explore Campus merupakan suatu kegiatan tahunan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dengan motto “Great Choice for Better Future”.NEX-US diadakan  dalam rangka mengenalkan berbagai macam jurusan dari berbagai universitas baik negeri, swasta, maupun kedinasan para alumni SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur.NEX-US 2020 yang bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan para peserta didik kelas XII agar tidak sampai salah jurusan dalam melanjutkan ke jenjang berikutnya setelah lulus dari SMA.

Foto bersama seluruh peserta didik SN3

NEX-US 2020 dilaksanakan pada Jumat sd Sabtu,  3 sd 4 Januari 2020 dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur angkatan ke-3 dan dihadiri oleh  alumni dari SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur (alumni SN) maupun SMAN 10 Malang Program Leadership Academy (alumni LA).

             Hari pertama NEX-US 2020 dilaksanakan pada Jum’at, 3 Januari 2020 setelah sholat Jum’at yang bertempat di lantai 2 perpustakaan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Acara dibuka oleh MC yaitu Tony Varian dari SN2 dan Saviska dari LA3. Kemudian dilanjutkan sambutan  oleh PIC NEX-US 2020 yaitu Alveolla Digna dari SN2 dan Plt.Kepala Sekolah SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yang diwakili oleh koordinator BK, Ibu Afifah Army Age, S.Pd. Terdapat 5 materi dalam rangkaian acara NEX-US hari pertama ini. Yang pertama yaitu materi  tentang pengenalan jenis-jenis perguruan tinggi yang dimoderatori oleh Erlinda Dian (SN2) dengan pemateri Aisyah Kamila (SN2) dan Naufal (SN1). Kemudian materi tentang macam-macam jurusan di bidang SAINTEK dan SOSHUM yang diisi oleh Heni Risma Sabrina (SN1) dan Muhammad Ridlo (LA3).  Ditengah-tengah materi diadakan quiz untuk mengetahui seberapa siap para peserta dalam  menghadapi UTBK 2020 yang berlangsung sangat meriah dan diberikan bingkisan untuk 3 peserta dengan  nilai tertinggi. Materi selanjutnya yaitu membahas SNMPTN yang diisi oleh Aditya Aji Pamungkas (SN2), materi SBMPTN oleh Shafira Salma(SN2) dan Sonya Ayu (SN2), dan materi Kemandirian oleh Athirah Balqis(SN2) dan Faiz Azhar(SN2). Materi ditutup oleh kesimpulan moderator oleh Bimantara (SN1) dan ditutup oleh MC pada pukul 22.00 WIB.

            Hari kedua NEX-US 2020 kembali dilaksanakan di perpustakaan lantai 2 SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur pada pukul 19.00 WIB yang dibuka oleh MC yaitu Sofia Amaliasyahara ni (SN2) dan Azzary (SN1). Ada 4 materi disampaikan pada hari kedua ini. Tiga materi pertama dimoderatori oleh Luthfi Baihaqi (SN2) yang mencangkup tentang materi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) oleh M. Duta Abi (SN2) dan Aurellia Jessica Febiola (SN2), materi Beasiswa oleh Riza Agung (SN1) dan Amanatul Haqqil (LA3), materi Gap Year oleh Luqman Arif (SN1) dan R.R Galuh (SN1). Materi terakhir adalah materi tentang  Living Cost dan Kehidupan Perkuliahan yang dimoderatori oleh Anisya Lintang Sari  (SN1) serta diisi oleh beberapa pemateri yang berkuliah di daerah yang berbeda yaitu Ramadhan Harfin (SN2) dari Bali, Mariska Regina (SN2) dari Surabaya, Aditya Rizky (SN2) dari Yogyakarta, Bryllian (SN1) menjelaskan kehidupan perkuliahan daerah JABODETABEK, dan Aisha (SN1) menjelaskan daerah Jawa Barat. Setelah mengikuti materi tersebut, peserta didik kelas XII dikelompokkan di 12 kelas yang berbeda sesuai jurusan yang diminatinya dalam Expo Jurusan/Fakultas yang diisi oleh para alumni yang berkuliah di jurusan atau fakultas tersebut. Acara berlangsung selama 90 menit dengan 2 kali mobilisasi atau perpindahan kelas. Sebagai penutupan materi diadakan review materi dan sharing dan pesan-pesan oleh para alumni.            

Puncak acara NEX-US 2020 ini adalah Gather Akbar yang dihadiri oleh seluruh peserta didik dan alumni SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yang bertempat di depan gedung Bawean dan Kangean. Acara dimeriahkan oleh beberapa penampilan musik dari peserta didik kelas X dan XI. Puncak acara ini adalah  bagian paling  mengesankan karena dapat mempererat tali silaturahmi antara alumni dan peserta didik SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Banyak pesan kesan dari acara NEX-US 2020 ini, salah satuya dari peserta yaitu Nimas Ayu Lintangsari XII MIPA 5, “Jujur,saya memang tidak ada pandangan sama sekali untuk meneruskan ke jenjang pekuliahan,apalagi mengikuti serangkaian tesnya seperti SNMPTN dan SBMPTN, karena dari pihak orang tua juga tidak berharap saya untuk kuliah. Orang tua mengharapkan saya bisa meneruskan karier kakek saya yaitu sebagai anggota TNI. Namun, di sisi lain saya juga harus mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi apabila saya tidak lolos menjadi anggota TNI, yaitu dengan mencoba mendaftar ke dunia perkuliahan. Oleh,karena itu,dengan adanya kegiatan NEXUS 2020, saya merasa sangat terbantu dan juga mera senang karena ketakutan saya akan dunia perkuliahan mulai bekurang”. Dan pesan  kesan dari alumni yaitu Luthfi Baihaqi dari SN2, “Kami dari alumni sangat senang, bisa membagikan pengalaman kami dengan adik-adiknya,bisa memberi semangat dan memotivasi adiknya, karena kami juga pernah ada di posisi mereka. Kami juga dapat bertemu dengan alumni-alumni atas kami untuk meningkatkan tali persaudaraan antar angkatan”. (By : Humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *