DIKLAT SATUAN KARYA BAHARI TAHAP DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMANTAR NALA

Peserta diklat saka bahari kelas 10

Kegiatan Diklat Satuan Karya Bahari Tahap Dasar Peserta Didik Kelas X dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 14 – 15 Desember 2019 di Sumber Jenon, Tajinan, Kab.Malang. Kegiatan ini ditempuh dalam 3 bulan Tahap Dasar Saka Bahari sebelum menyelesaikan Masa Saka Bahari dan Tahap Krida. Tujuan dari diklat ini meliputi :

  1. Mengenalkan Ambalan Pramuka dan Saka Bahari SMANTA NALA JATIM kepada peserta didik kelas X,
  2. Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan tentang Saka Bahari,
  3. Mewujudkan Kepramukaan dan Saka Bahari sebagai proses pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan.

Kegiatan pada hari pertama dimulai setelah Zuhur dengan pengecekan barang peserta diklat dan pembagian kelas sebagai tempat istirahat malam. Kegiatan selanjutnya adalah upacara pembukaan yang dipimpin oleh Pembina Agus. Dalam amanatnya, beliau berpesan “ Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari kegiatan tercapai”. Kegiatan dilanjutkan dengan materi Pengenalan Saka Bahari oleh Kak Britter dan kak Irfan. Setelah materi, dilanjutkan dengan ishoma dan materi oleh Kak Evi dan Pembina Agus tentang navigasi laut, kapal laut, takal dasar, peluit serang dan lonceng laut. Kegiatan malam berakhir pukul 21.00 dan peserta diklat dapat beristirahat.

Kegiatan pada hari ke 2 diawali dengan olahraga bersama, selanjutnya persiapan peserta didik kelas X untuk melaksanakan penjelajahan. Penjelajahan dilakukan dengan rute menuju Sumber Jenon. Selama penjelajahan, peserta diklat melakukan pengamatan tanda jejak

Acara terakhir adalah upacara penutupan sekaligus prosesi penyematan badge tahap dasar Saka Bahari sebagai tanda bahwa peserta didik kelas X telah mengikuti diklat tahap dasar Saka Bahari.

Seluruh peserta didik kelas X dapat mengikuti diklat ini dengan baik.  Semoga dengan mengikuti diklat ini peserta didik dapat memahami lebih mendalam tentang Saka Bahari dan dapat mengaplikasikan ilmunya dengan baik. (By:Humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *