Lomba-lomba lanjutan pada acara Dirganala 3 (bagian 2)

Setelah sukses mengadakan turnamen futsal selama dua hari sebelumnya, kali ini kamis 23 Januari 2020 lanjut ke 4 kegiatan kompetisi tingkat SMP/MTs lainnya. Sebagai PIC (Person In Charge) untuk Acara khusus hari ini adalah Anastasya Tri  A.H (kelas 11).

Menurutnya, macam kompetisi yang diadakan hari ini tidak jauh beda dengan tahun lalu. Diantaranya lomba Olimpiade IPA, Olimpiade Matematika, Idol dan Story Telling yang berasal dari SMP/MTs sederajat se-Jawa Timur.

Jumlah tim/peserta yang mengikuti di masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

  1. Olimpiade IPA: 36 tim
  2. Olimpiade Matematika: 49 tim
  3. Idol: 13 peserta, dan
  4. Story telling: 22 peserta
Para peserta yang sedang melaksanakan registrasi

Dari pagi para peserta sudah mulai berdatangan, dan kebanyakan datang bersama rombongan orang tua, teman, maupun guru sekolahnya. Selesai registrasi seluruh peserta diarahkan ke gedung Laksamana Nala untuk menerima briefing dan mengikuti acara pembukaan.

Plt Smantar Nala saat membuka lomba Dirganala 2020

Seusai pembukaan peserta diarahkan ke kelas-kelas maupun lokasi lomba sesuai kategorinya dengan didampingi pemandu. Untuk Olimpiade IPA menempati ruang kelas 12 MIPA 5, 12 IPS , 11 MIPA 4, dan Lab. Biologi. Untuk olimpiade Matematika menempati ruang kelas 11 MIPA 1,2 dan 3. Untuk Idol masih menempati ruang sebelumnya yaitu di Gedung Laksamana Nala. Dan Story Telling di X IPS 1-2 dan lantai 2 gedung Perpustakaan.

Bapak penyisihan seluruh lomba serentak dimulai pada pukul 08.00 wib. Selama lomba, para pendamping lomba menunggu di area tunggu atau bazar. Untuk acara ini Smantar Nala mengundang bazaar dari luar sekolah yang menjual aneka makanan serta minuman dan bazar Indomaret selaku donatur utama kegiatan ini.

Babak Penyisihan olimpiade Matematika terdiri atas 50 soal pilihan ganda dan 2 soal essay sebagai pembanding. Kemudian, Babak Semifinal terdiri dari 5 pos dan diikuti oleh 10 peserta yang lolos dari babak penyisihan. Terakhir Babak Final terdiri dari 3 babak, diikuti oleh 5 peserta dengan nilai terbaik dari babak semifinal.

Daftar pemenang Olimpiade Matematika:

Juara 1 Kaditya Rakan P – SMPN 2 Jember

Juara 2 Tamam Fajar B – SMP Tazkia IIBS

Juara 3 Andini Salsabila – SMP Al-Izzah Batu

Foto bersama juri Olimpiade Matematika dan para pemenang

Olimpiade IPA terdiri dari 3 babak, Babak Penyisihan peserta diberikan 60 soal pilihan ganda (30 Biologi, 20 Fisika, 10 Kimia) dan mengerjakan selama 90 menit. Kemudian, Babak Semifinal diminta untuk menyelesaikan sebuah kasus praktikum dan harus bisa melakukan praktikum sesuai prosedur dan petunjuk yang ada, peserta harus bisa menggunakan alat praktikum dengan baik dan benar. Terakhir Babak Final yang dilaksanakan di kelas terdiri dari 6 tim terbaik dari babak semifinal akan mendapat undian yang berisikan 1 soal fisika dan 1 soal biologi. Peserta mendapatkan waktu 3 menit untuk mengerjakan dan mempresentasikan 1 soal, serta wajib mempresentasikan secara detail proses – proses pengerjaannya kepada juri.

Daftar pemenang Olimpiade IPA:

Juara 1 Amellya Rashida dan Andyta Ceria Putri Harapan – SMPN 2 Jember

Jaura 2 Malika Syaharani dan Bariel Istiqal – SMPN 3 Malang

Juara 3 Nuril Fadhilah dan Shafa Aulia – SMPN 1 Bangil

Foto bersama juri Olimpiade IPA dan para pemenang

Story Telling terdiri dari 2 babak yaitu babak penyisihan dan final. Pada babak penyisihan peserta menampilkan ceritanya masing-masing dengan tema: The Wonder Of Indonesian Heritage. Beberapa terbaik dari babak ini lanjut ke semifinal. Penilaian meliputi: 1. Performance 20% 2. Pronunciation. 30 % 3. Communication 30 % 4. Contents and Plot. 20%.

Daftar pemenang Story Telling:

Juara 1 Fatimah Farah dari SMP Al-Izzah Batu
Juara 2 Kamila Husaini dari SMP 1 Bangil
Juara 3 Airlang Ayodya dari SMP Ar-Rohmah
Harapan 1 Nora Azmi dari SMP 1 Bangil
Harapan 2 Elsa Zazkia dari SMP 1 Sampang

Foto bersama juri Story Telling dan para pemenang

Untuk lomba Idol peserta wajib menyanyikan 1 dari 7 lagu wajib daerah dan 1 lagu pilihan tahun 90-an dan diperbolehkan membawa alat musik (membawa pengiring) atau membawa minus one dengan format MP3 (panitia menyediakan keyboard dan gitar).

Daftar pemenang Idol:

Juara 1 Astrella Zervinda dari SMPN 1 Malang
Juara 2 Astita Faizzerlina MTsN 1 Kediri
Juara 3 Lintang Dwi P dari MTsN 5 Kediri
Juara Harapan 1 Jonathan Siahaan dari SMPK Marsudisiwi
Juara Harapan 2 Nabila Puspa Ayu P dari SMPN Islam Bani Hasyim

Foto bersama juri Idol dan para pemenang

Selamat dan sukses kepada seluruh pemenang dan sampai bertemu di Dirganala 4 tahun 2021. (By: pubdekdok20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *