DIKLAT BANTARA DAN SAKA BAHARI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X

Pada 7 dan 8 Maret 2020 telah dilaksanakan kegiatan Diklat Bantara dan Diklat Saka Bahari untuk seluruh peserta didik kelas X. Acara ini dilaksanakan di sekolah dan di Kampung Topeng Malang dibawah pimpinan Ilham Akbar R (XI MIPA) dan  panitia dari Dewan Ambalan Arung Samudra kelas XI dan dibimbing serta didampingi oleh Pembina GUDEP. Tujuan diklat ini adalah sebagai peserta didik SMANTAR NALA JATIM diharuskan menjadi pramuka saka bahari dan karena itu syarat menjadi pramuka saka bahari yaitu harus menjadi pramuka bantara terlebih dahulu.

Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Majapahit lalu melaksanakan pengecekan barang di CSC. Setelah itu melaksanakan sholat ashar berjamaah di masjid, dilanjutkan materi Kepemimpinan, Pramuka Dasar, Saka Bahari, dan  ice breaking. Setelah itu, peserta diklat melaksanakan bersih diri, sholat maghrib berjamaah, makan malam bersama dan melaksanakan sholat isya. Setelah sholat isya, dilanjutkan materi tentang Kepemimpinan dan istirahat malam. Pada tengah malam, peserta melaksanakan acara Adat Bantara yaitu proses pencarian pangkat bantara.

Upacara Pembukaan
Materi Kepemimpinan

Pada pagi hari pukul 05.30 peserta melaksankan jalan sehat dari sekolah ke Kampung Topeng. Sampai di Kampung Topeng, peserta makan pagi terlebih dahulu dan bersama-sama membersihkan lingkungan Kampung Topeng. Setelah itu kembali ke sekolah untuk upacara penutupan. Harapan diklat ini, semoga peserta didik kelas X menjadi siswa yang lebih baik lagi yang bisa memimpin kedepannya dan bisa menjaga nama baik saka bahari dan juga nama pramuka. (By : Humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *